Consumed - Demo 2019


METAL MARCH - Segar. Itulah kata pertama yang muncul di otak ketika kali pertama Edo (Vokal) memperdengarkan sekilas satu lagu kepada saya melalui gawainya di akhir 2018 (kalo ga salah), entah itu "Attempt to Shattering" atau "World Illusion". Masih raw menggunakan drum programming. Kala itu, dia menceritakan memang sedang membuat proyek Death Metal bersama bassist Gore Animal, Raden Aces. 

Beberapa bulan kemudian (baca: sekarang), benar, hasil akhir materi Consumed yang dibalut dengan nama "Demo 2019" tidak mengecewakan! Kini, dengan formasi yang lebih komplet setelah keluar-masuk beberapa personel, Consumed diisi oleh muka-muka yang tak asing; Edo (Vokal - Decapitate Hatred), Raden (Gitar - Decayed Flesh, Gore Animal), Fahmi (Bass - Severed Entrails), dan Yunior (Drum - Bleeding Flesh, Gore Animal).

Biasanya, band yang diisi "all-star" akan membawa ciri khas dari masing-masing band asal. Namun, hal itu tidak terjadi dengan Consumed. Kuartet asal Tangerang ini malah membawa aroma baru jagad IDDM (Indonesia Death Metal). Sama halnya dengan Bloodriven, Consumed layak diacungi dua jempol karena berani tampil beda di tengah hampir seragamnya warna musik di IDDM.


Nuansa Death Metal ala Florida langsung kentara saat "Attempt to Shattering" diputar. Morbid Angel, Montrosity, hingga Nocturnus sepertinya menjadi panutan saat Consumed dibentuk. Pattern serta vokal Edo pun seperti dedengkot-dedengkot dari yang disebutkan di atas. Tak lupa dia kadang juga mensisipi high-pitched scream sehingga lini vokal terdengar lebih variatif dan tebal.

Permainan Raden di gitar juga cukup menarik, sebab ada bau Suffocation di beberapa bagian sehingga lagu terdengar "heavy". Pemilihan karakter sound gitar juga sangat pas sehingga label Consumed sebagai pengusung 90's Death Metal kian nyata. Namun, dengan tidak adanya solo gitar dari Raden, menjadikan materi-materi Consumed seperti antiklimaks. 

Hal lain yang membuat Consumed "standout" adalah permainan drum dari Yunior. Memang, gebukan drum dari Yunior tidaklah bisa dibilang bertempo cepat layaknya Brutal Dave atau Lord Marco, namun beberapa fill sangat menarik dan pas dengan riff-riff yang digulirkan Raden. Chemistry keduanya terjalin apik khususnya di  lagu "World Illusion". Lalu, adanya Fahmi di bass layaknya segelas susu yang melengkapi formula 4 sehat 5 sempurna songwriting dari Consumed. Halah.

Tracklist:
1. Attempt to Shattering
2. World Illusion

Consumed


Comments