Sabaoth - The Inquisition


METALMARCH - 'The Inquisition' menjadi karya teranyar Sabaoth setelah 'Unholy Divinity' yang keluar pada 2015. Tetap mempercayakan Dismembered Records, 'The Inquisition' juga menjamin para metalhead dengan groove-groove catchy serta balutan blasphemy dalam lirik.

Enggak dikasih ampun dan tanpa basa-basi, itulah kali pertama yang terlintas ketika menyetel 'The Inquisition'. Di trek pertama, 'Defamation of God', usai sampling, sang penabuh drum Marcel langsung menghentak dengan blastbeat cepat dan fill apik. Tak berhenti di situ, tepat di menit 1:45, transisi mulai berganti dari chaotic menuju groove ala Sabaoth. Satu hal yang kami suka dalam album ini adalah sound drum yang lebih 'present' sehingga keganasan Sabaoth jadi jauh lebih terasa dibandingkan 'Unholy Divinity'. 

'Ensemble of Desecration' menjadi trek favorit kami di album ini, sebab lagu ini adalah 'paket lengkap'. Mulai dari songwriting, lirik, bahkan hingga bridge. Penggalan dalam lagu yang berbunyi, "religious but godless, worship but heartless, directive but no rules, just create to hate," adalah salah satu highlight di lagu ini. Sebagai pendengar akut Slam, menit 1:23 mengingatkan kami pada sang dedengkot, Internal Bleeding.

Di beberapa bagian, kami mendengar ada potongan-potongan Death Metal dan Black Metal di 'Servants of Inquisition'  dan 'Cacophony of Hatred', tapi tetap tidak meninggalkan khas Sabaoth yang tetap groovy dan konstan pinch harmonic dari sang gitaris, Rio.

All in all, kami menilai 'The Inquisition' adalah upgrade drastis dari 'Unholy Divinity'. Imho. Terlebih di album ini, Sabaoth makin mematenkan status sebagai band yang gemar ber-blasphemy, baik dari segi lirik hingga sampul album. Entah bagaimana caranya Sabaoth meramu paduan chaotic ala BDM dengan groovy, yang jelas album ini sangat bagus dan wajib dikoleksi!

Tracklist
1. Defamation of God
2. Ensemble of Desecration
3. Servants of Inquisition
4. Cacophony of Hatred

Band: Sabaoth
Titel: The Inquisition
Label: Dismembered Records
Asal: Manado
Skor: 9/10

Sabaoth

Dismembered Records


Comments