Implied soal "Life to Die" dan Mini ASEAN Tour









METAL MARCH - Tak butuh lama buat Implied menancapkan kukunya di skena undergroud Indonesia. Sejatinya tak hanya Tanah Air, melainkan Asia Tenggara siap menjadi bukti eksistensi band asal Bandung ini. Setelah melepas EP (Extended Play) "Life to Die" via Waar Prod, Implied sudah memastikan akan tampil di Thailand, Malaysia, dan Myanmar! Berikut wawancara lengkap Metal March dengan gitaris Ardian Pratama.



Metal March: Senang bisa mewawancarai Implied! Agak sedikit klise, tapi bisa diceritakan biografi singkat Implied?

Implied: Implied terbentuk pada 1 April 2016 dengan konsep one-man yang digarap oleh gitaris kita Ardian. Pada Juni, Ardian memutuskan untuk membuat Implied menjadi full band. Yang pertama masuk Implied adalah Ryen Irfan sebagai vocalist, dilanjut juga oleh Dwi sebagai drummer. Tidak lama datang juga teman kita dari sundality Alle sebagai bassist dengan harapan kita berempat bisa membentuk formasi tetap mengusung kebrutalan konsep musik Bandung. EP yang digarap kami masuk recording pada Juli dan selesai menjadi fisik di Agustus melalui Waar Production. Sebelum bersama Waar, kami sempat akan bekerja sama dengan Dismembered record, tetapi pada saat itu Dismembered penuh list sehingga Implied memilih untuk pindah ke Waar Production. Tepat di Agustus juga, drummer kami mengundurkan diri dengan alasan fokus bekerja. Untuk penggantinya mungkin akan ditetapkan di acara IRSradio.net pada 17 Oktober nanti. Penuh kejutan xD

Metal March: Album "Life to Die" yang baru-baru ini dirilis Waar Prod mendapatkan respons positif dari penikmat BDM. Apa ada jurus khusus dari Implied kenapa album ini bisa diterima dengan positif oleh publik?


Implied: Hahaha kalau jurus sih cuma satu intinya baik hati dan tidak sombong. "Apa yang kita tanam itu yang kita petik". Hihihi.

Metal March: Untuk inspirasi juga untuk musisi-musisi di luar sana, bagaimana saja sih proses kreatif Implied dalam membuat lagu/materi?


Implied: Dalam membuat lagu atau materi, lebih ke gitaris kami yang senang mendengarkan musik dan membuat konsep materi. Tapi, untuk penggabungan dan penilaian riff/bar, ke bar satu per satu tetap bersama-sama. Seperti penambahan lirik -mengurangi atau menambahkan materi- yang udah ada, bagian finishing tetap bersama.


Metal March: Mengingat scene BDM di Indonesia juga sedang naik daun sehingga muncul banyak band-band baru, apa yang menjadi pembeda Implied dengan band-band tersebut?

Implied: Perbedaan dengan teman kita lainnya mungkin personiel dan juga materi masing-masing saja.

Metal March: Waar Prod rutin menelurkan album-album berbahaya seperti "Remnants of Depravity" (Depraved Murder), "Eternal Suffering" (Mephistopheles), "Depraved" (Range of Mutilated), dll. Bagaimana awalnya gabung pasukan Waar Prod?


Implied: Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, tapi pada intinya kami mengontak beberapa label, dan yang mendapat respons cepat serta nyaman adalah Waar. Hingga silaturahimnya terjaga, recommended banget buat kalian yang belum punya label.

Metal March: Sebagai bukti "Life to Die" direspons positif oleh publik adalah rangkaian show Implied di Thailand dan Malaysia. Bagaimana awalnya bisa dipanggil di dua negara tersebut?

Implied: Caranya gampang banget. Maksimalkan  yang  dipunyai -media sosial- rajin silaturahim, lalu kita promo ke banyak teman di media sosial. Dan pada akhirnya, ada ajakan untuk promo di negara tetangga, Malaysia dan Thailand. Intinya jangan menyerah teruslah membuka peluang dan jangan pernah hitungan-hitungan dengan  promo. Ingat, "apa yang di tanam itu yang akan dipetik".

Metal March: Khusus Bangcock Deathfest, acara ini memang rutin memanggil band-band dari Indonesia. Apa tampil di Thailand ini melebihi ekpekstasi Anda?

Implied: Tetap sama, malah menurut kami yang melebihi ekpektasi sebetulnya bermain di kota sendiri yakni Bandung yang penuh band-band Edaan!!!

Metal March: Apa ada kendala-kendala yang dihadapi Implied dalam prosesnya ke Thailand dan Malaysia?

Implied: Prosesnya cuma satu yaitu untuk melatih drummer hafal semua materi. Mengingat datangnya dua acara tersebut tinggal sedikit lagi.

Metal March: Lalu, apakah ada sesuatu yang khusus akan diberikan Implied saat nanti tampil di dua negara itu? 


Implied: Paling bocoran dua lagu untuk promo album juga yang akan rilis tahun depan (jika tidak ada halangan). Dan tentunya  kami selalu menampilkan sesuatu yang maksimal dan berbeda di mana pun pagelaran show-nya. Khusus di Thailand, lebih sering mendatangkan band-band Indonesia untuk bermain di sana karena semua band memiliki hak, yang terpenting mempersiapkan segalanya.

Metal March: Implied serta sederet band-band BDM Indonesia kerap menjadi headliner gigs di luar, ini menjadi bukti bahwa band Tanah Air juga punya kualitas yang tak kalah dengan band di luar sana. Kami ingin tahu pendapat Anda soal ini?

Implied: Bukan hanya di Bandung, tapi di kota lain pun menurut kami band-band yang sekarang muncul dengan warna masing masing. Tentunya berbahaya menjadi headliner atau pun tidak, yang bagus adalah metalhead yang menyukai karya kalian, terhibur saat berada dalam area moshpit dan mengharumkan nama bangsa di kancah gigs nasional. Pasalnya, yang melihat, mendengarkan, karya kami bukan hanya mata nasional, tapi internasional. Yang bisa menilai bukan kami, tapi karya dan penikmat yang akan berbicara.


Metal March: Setelah "Life to Die" dan tur Asia Tenggara, apa rencana selanjutnya dari Implied?

Implied: Di Desember nanti setelah tur ini, kami fokus album yang akan digarap tahun depan, dan tentunya promo lagi. Kami meminta doa dan support agar diberi kelancaran untuk bisa tetap menjaga eksistensi dan produktif untuk IMPLIED.

Metal March: Kami ingin tahu dalam playlist Anda sedang diisi lagu dari band mana saja?

Implied: Sekadar referensi juga untuk brutallers dan referensi dari setiap player IMPLIED:
BEHEADED, DISGORGE, GORGASM, DARKALL SLAVES, DYING FETUS, APOCALYPSE GRIND, GORGE, INVERACITY, DLL.


Metal March: Oke, lagi-lagi kami mengucapkan terima kasih sudah bersedia mau di-interview oleh kami. Jika ada pesan terakhir untuk brutallers dan pembaca Metal March, waktu dan tempat kami persilakan.

Implied: "Life to Die". Sebelum menuju kematian, jadilah metalhead yang bermanfaat minimal untuk diri sendiri dengan membaca  METAL MARCH agar sharing dan silaturahim terbuka, menambah wawasan dan tidak jadi metalhead alay lalu tersesat #BOAEDAN

Implied


Comments