Pillarynx, Benih Slam DIY Pengusung “Slow But Kill!”


METAL MARCH - Pillarynx lahir di tengah menjamurnya band-band beraliran Brutal dan Slam. Akan tetapi, trio asal Yogyakarta yang diisi Danny (vokal/bass), Yuki (gitar), dan Adi (drum) siap menyajikan sesuatu yang baru dalam skena bawah tanah Indonesia! Simak saja wawancara Metal March dengan Danny di bawah ini.

Metal March: Meski baru seumur jagung, bisa diceritakan sejarah berdirinya Pillarynx?

Pillarinx: Hallo senang bertemu Metal March, dan terima kasih untuk sudah mau interview kami yang mungkin tidak seberapa besar untuk disimak, hehe. Ya tepat, kami memang benar baru seumur jagung tapi Insya Allah jagung tersebut akan membuat nikmat untuk pecintanya. Pillarynx berdiri pada Agustus 2015 dari saya sendiri (Danny) yang telah merencanakan untuk membuat sebuah band di Kota Yogya. Tepat pada saat itu saya (Danny) yang mempunyai teman kerja (Adi) yang bisa berperan sebagai drummer. Sempat bertanya-tanya dan membicarakan planning untuk membentuk sebuah band bergenre Slamming Death Metal. Lalu saya (Danny) menghubungi seorang yang bernama (Yuki)/Death Artery untuk mengisi posisi sebagai gitaris band ini. Kesepakatan pun terjadi dari sebuah pertemanan dan perkenalan yang baik. Kami berjalan dan berjalan untuk tetap bisa membentuk suatu band yang mungkin Insya Allah baik buat disimak pencinta musik underground/metal.

Metal March: Kenapa dan siapa yang memberi nama Pillarynx?

Pillarinx: Sebuah kesukaan dari sebuah hobi kami akhirnya mendapatkan suatu nama band yang mungkin unik untuk didengar. Saya sendiri (Danny) yang telah mengusulkan nama PILLARYNX sebagi nama band ini yang artinya ‘Pil’ berarti butiran dan ‘Larynx’ yang berarti Pangkal Tenggorokan. Ini mengartikan bahwa Pil Butiran tersebut telah tertelan dan akan menusuk pangkal tenggorokan yang menyakitkan. Yang sebagaimana sebuah kisah perjalanan band ini akan siap menyakitkan dan penuh tantangan hingga bercair dengan lancar dalam ujung waktu yang akan datang. Kami bertiga (Adi), (Yuki), (Danny) sendiri akhirnya menyepakati bersama untuk memakai nama band PILLARYNX.

Metal March: Pillarynx terbentuk di tengah banyaknya band-band brutal. Bisa dijelaskan apa perbedaan yang Pillarinx punya dengan band brutal lain?

Pillarinx: Untuk sebuah permainan musik, kami membuat suatu karya dengan lebih cenderung Slamming, dalam konsep-konsep yang akan dibuat setelah ditentukan, lagu kami tidaklah memang harus cepat, seperti tempo gitar yang lumayan lambat tetapi drum dalam permainan ketukan tinggi yang akan didapat dalam bagian-bagiannya. Untuk membuat nada kami sangat menentukan sekali tempo naik turun yang mengejutkan dalam beat rap barisan selanjutnya. Slow But Kill!”

Metal March: Dari segi musik, Pillarynx terinspirasi oleh band-band mana?

Pillarinx: Dari sebuah pandangan bagaimana kami bermainkan musik Slamming Death Metal, kami telah teracuni oleh band Abominable Putridity, dalam utama kami sangat menyukai sound band tersebut. Sangat megah!! Tetapi di lain itu kami juga menyukai band yang berasal dari Belarusia, Extermination Dismemberment. Kedua band tersebut mempunyai suatu naungan yang sama dalam konsep permainan Slamming yang kami andaikan. Akhirnya kami belajar untuk bisa bermain musik seperti mereka-mereka yang telah memiliki potensi bermain yang baik untuk dapat dibuat sebagai referensi band-band era selanjutnya. Kami menyukai dan akan berusaha semampu kami untuk mendapatkan karakter sound yang baik dalam genre yang kami sukai. Impikan saja bahwa dua band itu akan kami rangkap untuk dalam hal sound maupun nada riff penyusunan materi lagu nanti, Insy Allah... (amin).

Metal March: Masa sekarang band brutal tak melulu mengusung lirik gore. Lalu, apakah Pillarynx punya tema sendiri atau mengikuti tren gore yang sudah ada?

Pillarinx: Kami tidak mengusung lama soal lirik dalam tema lagu-lagu nanti bersama Monster, Anomalie dan Laboratory!!! Sangat baik untuk sebagai tema lirik lagu kami. Lebih tepatnya kami “Suka”.



Metal March: Sejauh ini sudah ada berapa lagu yang Pillarynx punya?

Pillarinx: Dalam materi kami baru mempunyai dua materi lagu hehe.. Kami tidak mau terlalu terburu-buru untuk membuat konsep. Kedua materi ini belum kami take, seiring berjalannya waktu kami akan siap men-take lagu dalam pada February 2016. Semoga tidak ada halangan dan berjalan dengan sesuai arahan yang telah kami tentukan.

Metal March: Saya dapat bocoran bahwa Pillarynx akan mengeluarkan promo dalam waktu dekat ini. Benar demikian?

Pillarinx: Iya, kami siap mengeluarkan Promo 2016 dalam jangka waktu terdekat, dan sudah memasuki tahap awal take Januari ini (Insy Allah berjalan baik). Untuk perilisan Promo 2016 ini kami sudah sign bersama label Disgorgement Production (Mas Herri) kami sangat senang bisa berteman dan bekerjasama dengan beliau. Dan terutamanya kami sangat senang sekali sudah dibantu perilisan promo nanti. Untuk data rilis promo nanti kami ikut dengan jadwal perilisan tanggal yang di tetapkan mas Herri saja. Karena kami tidak menyukai hal yang dirumitkan maupun dipersulitkan. Kami berdua dengan beliau mas Herri saling percaya satu sama lain untuk yang sudah mempunyai niat baik ingin membantu kami dalam band baru yang tidak seberapa ini.

Metal March: "Buat band itu gampang, tapi mempertahankannya itu sulit." Sebagai band baru, saya ingin tahu pendapat Anda soal ungkapan itu.

Pillarinx: Memang sangat tepat untuk membuat band itu sangatlah mudah tetapi mempertahankannya yang sulit, sebab setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda. Bahwanya soal ini sangatlah banyak di kalangan band-band baru bahkan yang lama pun sudah banyak yang dapat dan lepa begitu saja tidak ada kabar selanjutnya. Membuat dan mempunyai sebuah band pasti akan mendapatkan suatu rintangan kemudian tergantung bagaimana cara menanggapi rintangan tersebut dengan berpikir secara dewasa.


Metal March: Lalu apakah Anda dan teman-teman punya resep khusus agar Pillarynx bertahan lama?

Pillarinx: Membentuk band adalah membentuk keluarga baru. Memang benar setiap kepala memiliki beda pikiran seperti halnya di dalam membentuk sebuah band. Tapi Kami bertiga harus berjalan dengan berfikir dewasa. Pendewasaan ini berupa dalam memikirkan untuk tidak egois, malas maupun mindset buruk. Kami akan jauhkan hal-hal itu.  Percaya diri dari diri utama dalam mempunyai sebuah karya membentuk kami akan bisa bertahan.

Metal March: Terakhir, saya memberikan Anda kesempatan untuk mengiklankan Pillarynx dalam dua kalimat. Silakan!

Pillarinx: “Confidence and Perfectionist”

Pillarynx

Comments