Sufism - Reptilia Buas

METAL MARCH - Lahir dari sarangnya musik keras, dari mana lagi kalau bukan Bandung, Sufism menggebrak scene underground Indonesia dengan karya Extended Play (EP) 'Reptilia Buas' yang dirilis pada 5 Oktober  2015. Sufism adalah anak kedua dari Rottrevore Records, label raksasa yang kini dikelola oleh Ferly (Jasad), setelah Viscral melalui 'Egocentric Underneath of Horror'.

Dilihat dari cover artwork, album ini menonjolkan sosok buas yang terus kelaparan sambil mengintai di balik kain utas untuk menerkam mangsa. Karya dari artworker Rudi GorgingSuicide ini cukup mengerikan dan simpel, serta menegaskan bahwa ini goresan art milik siapa. Dalam EP album yang berisikan lima trek ini, Sufism bercerita tentang para penguasa yang hanya melemparkan janji-janji kesejahteraan, kemudian mengesampingkan dan seolah lupa dengan itu. Yang dimaksud adalah, para penguasa bersantai di balik meja kerjanya tanpa menghiraukan masyarakat yang kehidupannya semakin miris hingga tiba saatnya mereka melakukan apapun demi kelanjutan hidup.

Nanang sang vokalis melantunkan lirik berintonasi jelas sehingga rasa amarah dan unek-uneknya sangat terasa  melalui growlnya. Riff-riff gitar variatif dari Sandy juga terasa sangat kental dan asik. Permainan trio ini kian kompleks dengan permainan drum Ari yang mengalir dengan pukulan simbal, snare dan bass drum yang sangat dominan. Tak lupa juga disisipkan oleh sedikit irama groovy sebagai penambah cita rasa dan kegurihan musik Sufism.

Trek favorit dalam 'Reptilia Buas' adalah 'Genderang Perang'. Trek ini membuat Anda memasuki dimensi lain lantaran Sufism menyuguhkan permainan yang semakin rapat dan intens. Semoga dari segi sound, tema, atau pun konsepnya bisa terus dipertahankan sehingga menjadi karakter untuk karya-karya Sufism berikutnya.

Untuk Anda para brutallers, wajib punya karya fisik mereka dan jika sudah punya, segera play dengan volume tinggi (awas tetangga marah-marah) karena dijamin telinga Anda seperti dibombardir ledakan-ledakan dinamit. Di sini, Sufism layaknya timah panas yang tepat mengenai sasaran! Dan entah kenapa, trio ini mengingatkan pasukan pelahap nan ganas dari Samarinda yakni Engorging.

Tracklist
1. Reptilia Buas
2. Singgasana Dosa
3. Deterioration
4. Genderang Perang
5. Dursila

Band: Sufism
Titel: Reptilia Buas
Label: Rottrevore Records
Asal: Bandung
Skor: 9/10

Sufism
Facebook
Reverbnation
Twitter

Rottrevore Records
Facebook

Comments