Sembilan Logo Tercetar

METAL MARCH - Jujur, artikel ini dibuat setelah tergelitik dengan gambar header di atas. Sebetulnya gambar tersebut sudah viral sejak lama, tapi inspirasi itu baru datang baru-baru ini. Jadi mau bagaimana lagi. Oke. Tak bisa dibantah, logo bisa jadi adalah gerbang pertama seorang brutaller mencari tahu soal band baru, mendengarkan lagunya, dan seterusnya. Mengaku saja, Anda juga pasti pernah mengalami situasi ini, walaupun tidak selalu seperti itu. Trennya di Indonesia saat ini, band-band seperti tak lagi berlomba-lomba untuk membuat logo tersangar, terumit, ter-tak bisa dibaca, atau terdetail. Tapi lebih kepada yang sekilas jika dilihat langsung bisa terbaca logonya. Meski begitu, kami justru tetap lebih suka dengan logo yang rumit, akar-akaran kalau kata orang, mah. Tapi, tetap tak meninggalkan nilai estetika. Sebab, dari situ bisa dilihat seberapa seriusnya sebuah band dengan menggaet artworker kelas wahid untuk buat logo ciamik. Logo rumit nan detail berarti pengerjaan yang sulit, memakan energi (baca: duit) serta waktu. Dan ini patut diapresiasi. Adapun jumlah band beraliran BDM di Indonesia tak mungkin lagi dihitung dengan jari. Kami tahu, pengetahuan kami terbatas. Kami tahu, penilaian ini mungkin tak sejalan dengan pendapat Anda. Tapi, merujuk pada ungkapan "Beauty depends on the eyes of the beholder," berikut 10 band dengan logo tercetar, menurut Metal March. Ingat, ini bukan berdasarkan urutan yang semestinya.


1. Gore Instinct (Bandung)
Keren! Tak usah ditepis lagi ini adalah salah satu logo terkeren di Indonesia, atau bahkan dunia. Lebar, huruf yang terbaca jelas, tetap sangar, dan berbentuk kepiting. By the way, band asal Bandung yang mengusung slam ini sudah punya EP yang berjudul 'Invasion of the Body Slammer'.

2. Apoptosis Gutretomy (Karawang)
Mungkin salah satu logo yang paling sulit dibaca dalam daftar ini. Bahkan di atas logo, mereka menaruh nama band untuk membantu brutaller membaca. Tapi, logo ini sangar, asli keren. Jujur. Apalagi pas ditempel dengan artwork megah cover 'Promo 2014'. Cocok banget. Mata Anda dijamin tambah pedes pas logo ini berpadu dengan cover artwork 'Delusius Interminus Vitae', EP yang akan dirilis Swallow Vomit Production.

3. Gerogot (Surabaya)
Tampaknya mengubah nama (otomatis mengubah logo), juga mengubah peruntungan Gerogot. Ya, materi-materi mereka mendapat apresiasi positif dari brutaller seluruh dunia. Memang, karya Gerogot kami akui patut diacungi lima jempol. Salah datu band berlabel most anticipated.

4. Intracranial Parasite (Malang)
Mahakarya! Satu lagi band yang logonya sulit banget dibaca. Tapi, sekali lagi kami tegaskan, itu berarti band ini memiliki keseriusan tingkat tinggi soal imej band. Nyatanya tak hanya logo sangar yang dipikirkan band ini, tapi materi mereka juga keren, lho.

5. Lachefratory (Tangerang)
Dengan segala renda-renda yang menjorok ke dalam logo, Lachefratory pantas masuk daftar ini. Sejatinya bukan renda-renda, tapi mungkin lebih tepatnya tetesan darah. Dan itu keren, bro!

6. Gore Infamous (Bandung)
Jujur, kami mengetahui band ini karena banyaknya merch (baca: kaos) Gore Infamous. Bukan maksud kami untuk berkata negatif, tapi itu adalah tanda bahwa mereka band ternama. Tak hanya di Indonesia, tapi dunia. Anda pasti sering lihat bule-bule mengenakan kaos band ini. Tapi, kami paling suka dengan kaos Gore Infamous yang logo doang.

7. Chalera (Bekasi)
Salah satu band berlogo rapih dan enak dilihat. Tak mengejutkan, sebab logo mereka dibuat oleh tangan dingin Nasteunk Musick. Album penuhnya yang bakal dirilis New Standard Elite paling ditunggu, euy.

8. Gorging (Tangerang)
Kebaca dan tetap keren. Ya, itulah logo Gorging. Logo ini tak lain adalah buatan gitaris mereka sendiri yakni Rizky Suryabhinaya atau sebut saja Encing. Ingin tahu karya Encing lainnya? Dia adalah kreator artwork epik album kompilasi 'Indonesian Brutality' (Disembowel Records).

9. Cadavoracity
Logo tokcer dibarengi musik edan nan sadis. Logo Cadavoracity ini adalah buah tangan Rich Montenegro (Richinsane Design). Sayangnya, logo sempurna ini enggak pernah berkeliaran di pamflet-pamflet acara karena mereka urung tampil live :(




Kami jamin 10 band di atas jika membuat kaos logo doang, pasti jadinya akan ganteng rupawan. Pun dengan Anda yang memakainya, cabe-cabean beatdown pasti antre minta foto bareng.

Comments

Post a comment