Guttural Disease - Periodical Torment

METAL MARCH - Status Bandung sebagai ibu kotanya ibu kota Brutal Death Metal (BDM) tak usah dibantah lagi. Hal ini terbukti dari terus mengalirnya bibit-bibit baru berbahaya dari Kota Kembang. Yang terkini adalah Guttural Disease. Kuartet yang digawangi oleh Audio Lesmana (vokal), Bintang Rizky Lazuardy (gitar), Iqbal Maulana (bass), dan Maditya Pratama (drum), ini baru merilis EP (Extended Play) yang berjudul 'Periodical Torment' via Brutal Mind.

Ya, dalam 20 menit mendengarkan 'Periodical Torment', Anda akan disajikan siksaan yang tak cuma bertahap melainkan intens. Penuh! Khas Bandung pokoknya. Audio di vokal menyajikan guttural yang jelas sekali, dan beberapa pattern jatuhnya cocok dengan musik Guttural Disease. Gitar adalah yang paling kami sukai dari Periodical Torment. Permainan Bintang tergolong kaya dalam hal riff, meskipun ada beberapa yang membosankan karena tempo selalu cepat seperti tak diberi nafas. Tapi, itu membuktikan bahwa Bintang mahir dalam memainkan instrumen enam senar. Menurut kami, akan lebih bagus lagi jika sound gitar lebih tebal, alias low dinaikkan sedikit. Sayangnya, sound dominan gitar jadi menutupi bass, sehingga Iqbal seperti terdengar hanya mengiringi tanpa adanya variasi. Satu lagi yang menonjol dalam 'Periodical Torment' adalah drum. Di awal, kami sempat kagum karena Maditya menyajikan permainan cepat tanpa henti. Intens sekali. Namun, makin ke sini alias di lagu-lagu terakhir, ada beberapa permainan rolling-nya yang putus. Kami juga salut terhadap Maditya yang melakukan blastbeat intens dan memvariasikan dengan gravity. Suara kick yang dominan high membuat suasana 'Periodical Torment' kian horor.

Agak sedikit bingung saat kami membaca lirik dalam 'Periodical Torment', sebab pungtuasinya hilang-hilang. Salut dari tema album, terutama pada 'West Java Central Legion', yang isinya mengangkat tema sunda. Apalagi, ditambah dengan art epik karya Aghy R. Purakusuma.

Tracklist
1. Periodical Torment
2. Investigation of Dead Body Unautopsy
3. Psychopathic Iniquitous Disease
4. West Java Central Legion

Band: Guttural Disease
Titel: Periodical Torment
Label: Brutal Mind
Asal: Bandung
Skor: 9/10

Guttural Disease
Facebook
Reverbnation
Twitter

Brutal Mind
Facebook
Bigcartel


Comments