Reviled, BDM Pulau Dewata yang Siap Gegerkan Tanah Air

METAL MARCH - Satu lagi band Brutal Death Metal (BDM) asal Bali muncul ke permukaan. Tak tanggung-tanggung, full-length perdana mereka akan dirilis oleh label produktif, Brutal Mind. Menamakan diri sebagai Reviled, kuartet ini siap mengibarkan bendera BDM dari Pulau Dewata di skena underground Indonesia dengan album yang berjudul  "Hatefull and Bloodshed". Album tersebut dipercaya akan dirilis antara Oktober hingga November 2015. Berikut wawancara kami dengan sang drummer, Swarna Dwija Indratanaya.


MM: Apa kabar, Reviled? Semoga baik-baik saja di Pulau Dewata. Bisa diceritakan lebih dulu biografi singkat dari Reviled?

Reviled: Kabar baik dan sangat menggembirakan bagi kami bisa interview secara eksklusif dengan Metal March Webzine yang baru berdiri tapi telah menerbitkan beberapa berita tentang band-band BDM cadas nasional dan internasional. Salut buat Metal March Webzine! Reviled berdiri pada akhir 2009, tepatnya 13 November 2009 di Utara Kota Denpasar, Bali. Line up saat ini; Yudhi (Vokal), Choky (Gitar), Wahyu (Bass), dan Indra (Drum). Diskografi; Promo Slut (2011), Lost In Chaos Digitalzine Compilation "Total Fuckin Slam" (2013), Promo Single Release via Dynamerch (2015), Re-release Promo Single via Brutal Mind Records - Jakarta (2015)

MM: Selamat buat Reviled yang full-length perdananya yakni "Hatefull and Bloodshed" akan dirilis Brutal Mind, dan dipercaya akan dilepas pada Oktober/November. Hingga saat ini, sudah sampai tahap mana pengerjaannya?

Reviled: Untuk saat ini sedang dalam proses mixing dan mastering debut album, dan juga sedang proses untuk konsep artwork yang nantinya digunakan untuk cover album kami, yang akan segera rilis antara Oktober/November 2015 via Brutal Mind Records.

MM: Lalu, bisa diceritakan lebih detail "Hatefull and Bloodshed" bercerita soal apa?

Reviled: Album kami ini lebih mengangkat tema tentang realita kehidupan yang penuh dengan kejahatan, kriminalitas, dan kematian. Adapun lirik lagu yang nantinya ada di album perdana kami juga lebih bercerita tentang pembunuhan, keganasan manusia, dan juga sisi negatif manusia yang penuh dengan kebencian dan dendam. Oleh karena itu, kami sepakat memberi titel album kami dengan "Hateful and Bloodshed" sebagai kesimpulan dari tema-tema lagu yang ada di album kami.

Ki-ka; Yudhi, Indra, Choky, dan Wahyu.
MM: Dari sisi musik, apakah "Hatefull and Bloodshed" stay true dengan BDM seperti cd promo sebelumnya, atau ada unsur-unsur lain yang dicampur? Dan band-band mana saja sih yang menjadi panutan Reviled?

Reviled: Untuk konsep musik yang sekarang, mungkin kami lebih ingin mencoba stay true dengan gaya musik BDM, karena pada awal terbentuk kami sempat memainkan gaya musik Slamming Death Metal. untuk sekarang kami ingin lebih mengeksplorasi gaya kami dalam bermusik ke genre BDM. Adapun band-band yang menjadi acuan kami menulis lagu, baik band international maupun band lokal di antaranya; Suffocation, Beheaded, Gorgasm, Jasad, dan Digging Up.

MM: Kalau boleh dibocorkan, ada berapa trek nanti dalam "Hatefull and Bloodshed"? Kalau boleh tahu lagi, bisa dibocorkan tracklist-nya?

Reviled: Album "Hateful And Bloodshed" nantinya akan berisikan sembilan trek di antaranya enam lagu terbaru dari Reviled, satu lagu yang kami cover dari salah satu band Thrash Metal legendaris dunia, dan di lagu ini juga kami featuring dengan vokalis band Death Metal asal Kota Bandung. Untuk selebihnya masih dirahasiakan. Track list album nanti akan kami bocorkan setelah artwork cover album selesai. Ada tambahan untuk track list lagu, dua trek instrumen sound fx.

MM: Band brutal di Indonesia makin menjamur, apa sih menjadi pembeda Reviled dengan band-band lain?

Reviled: Band-band BDM di Indonesia sekarang semakin menjamur dan tentu semuanya berbahaya, dari segi aransemen musiknya, dan juga menulis lirik yang berceritakan tentang kematian. Adapun yang nantinya akan menjadi perbedaan mungkin dari segi aransemen yang kita ciptakan dan juga karakter sound secara keseluruhan.

MM: Apa ekspektasi Reviled saat "Hatefull and Bloodshed" nanti dilepas?

Reviled: Tentunya setelah "Hateful And Bloodshed" ini rilis, harapannya semoga album kami bisa diterima di scene bawah tanah khususnya kalangan pecinta musik BDM, serta support nyata teman-teman semua dengan memiliki karya kami yang original agar kami bisa terus berkembang dan ada buat kalian.

MM: Bisa disampaikan kepada brutallers, kenapa "Hatefull and Bloodshed" adalah album yang wajib dikoleksi?

Reviled: Untuk brutallers, kalian wajib memiliki album kami untuk kalian koleksi karena ini merupakan album pertama kami. Pencapaian kami selama enam tahun, dan juga menjadi album BDM asal Pulau Dewata pertama yang dirilis oleh label BDM asal Jakarta, Brutal Mind Records!



MM: Brutal Mind dikenal sebagai salah satu label yang produktif, dan kami salut untuk itu. Setelah cd promo, apa yang membuat Reviled kembali memercayai Brutal Mind soal full-length?

Reviled: Yang membuat kami kembali memercayakan Brutal Mind untuk merilis debut album kami tahun ini, pertimbangannya cukup mudah karena kerja samanya yang sangat jelas ketika merilis promo single kemarin. Penawarannya juga cukup memuaskan, dan yang membuat kami berminat untuk sign kembali dengan Brutal Mind Records karena, Brutal Mind mampu mendistribusikan album kami nantinya tidak hanya secara nasional, tetapi juga mendistribusikannya secara worldwide!

MM: Bagaimana dengan scene metal Bali sendiri, yang kami tahu Pulau Dewata memiliki range genre yang sangat luas, bahkan band-band brutal bisa dihitung dengan jari. Jadi, hal apa yang ditawarkan Reviled agar bisa "terdengar" dan berdiri dari keragaman musik Bali?

Reviled:  Berbicara soal scene metal yang ada di Bali, memang benar terdapat lintas genre yang beragam, tetapi kita tetap satu dalam komunitas dan solid dalam perbedaan itu. Adapun yang akan kami tawarkan tentunya album yang akan kami rilis nanti, karena itu cukup untuk membuktikan eksistensi kami selama enam tahun terakhir, dan tentunya kami ingin membuktikan kepada scene metal yang ada di Bali bahwa genre BDM juga layak untuk diperhitungkan!

MM: Selain mempersiapkan "Hatefull and Bloodshed", ada  kabar apa dari markas Reviled. Apa mungkin sedang merancang tur untuk promo album nanti? Atau yang lain?

Reviled: Adapun planning yang sedang kita rencanakan selain perilisan album, kita juga  ingin menyiapkan acara peluncuran album perdana kami di akhir tahun ini, kemudian merencanakan pembuatan video klip, mohon support dan doanya agar semua planning kami dapat terealisasikan dan selalu berjalan dengan lancar! Untuk tur masih belum direncanakan, tapi nanti jika ada kesempatan kami akan lakukan tur.

MM: Oke, itu saja dari Metal March. Jika ada pesan yang ingin disampaikan, kami persilakan Reviled untuk "memuntahkannya".

Reviled: Buat Metal March Webzine semoga sukses terus, semoga makin terus update beritanya mengenai kabar terbaru seputaran band-band Death Metal/Brutal Death Metal nasional dan internasional. Juga info rilisan-rilisan band, info record label yang bisa ngerilis band-band baru cadas dan berkualitas, dan info gigs/event metal di Indonesia.

Reviled

Brutal Mind


*All photos belongs to Reviled. Cheers!

Comments