Reduced Tentang Album Purba "Gradually Executed" dan Scene Jatim


METAL MARCH - Reduced, salah satu rising star Brutal Death Metal (BDM) dari Jember, Jawa Timur, akan mengeluarkan debut album yang berjudul "Gradually Executed" via Dismembered Records di tahun ini. CD Promo yang dilepas 2014 membuat nama mereka disegani di scene lokal maupun internasional.

"Gradually Executed" sendiri berisikan 10 trek ganas. Pada album ini juga Reduced menyertakan dua monster yakni Deddy Permadi (Cadavoracity) dan Viant Mort (Injury Deepen) untuk mengisi vokal di beberapa lagu. Kami, Metal March, berkesempatan mewawancarai Bagoez Putra sang vokalis mengenai persiapan album dan scene Jawa Timur (Jatim) yang kian berbahaya.



MM: Hello, Reduced! Apa kabar?

Reduced: Hallo, Metal March, Allhamdullilah sangat baik disini.

MM: Tolong ceritakan biografi singkat dari Reduced. Seperti personel, mengusung genre apa, dan lain-lain.

Reduced: Kami dibentuk sekitar pertengahan Maret 2013, dengan line up Pipit  (drum), Bagoez (vokal), dan Roni (gitar). Namun, tidak lama Roni mengundurkan diri dikarenakan kesibukan. Untuk posisi gitar saat ini diisi Ipung, dan posisi bass kini diisi oleh Jabrik.

Jadi, untuk line up saat ini Vidiant (drum), Ipung (gitar), Jabrik (bass), dan Bagoez (vokal). Untuk genre kita mengusung  Brutal Death Metal.


MM: Oke, seperti yang sudah kami ketahui sebelumnya, Reduced akan mengeluarkan debut album "Gradually Executed" dalam waktu dekat. Itu bercerita tentang apa? Dari sisi musik, Reduced ter-influenced dari band mana saja?

Reduced: Untuk debut album sendiri kami terinspirasi dari beberapa film gore primitive seperti Cannibal Hollocaust yang bercerita tentang kekejian, kekejaman, penyiksaan di zaman purba. Kami ingin mengulas balik kisah siksaan atau hukuman pada waktu itu yang kejam, biadab dan tidak masuk akal. Untuk musik, kami banyak terinspirasi dari Disgorge, Deeds of Flesh, Putridity, Liturgy, Brodequin, Cinerary, dan seterusnya.

MM: Saat ini, bisa dibocorkan sedikit "Gradually Executed" sudah sampai tahap mana?

Reduced: Untuk saat ini kami akan mempersiapkan promo lagu  berisi dua trek. Setelah promo baru kita akan mengeluarkan debut album full-length.

MM: Kami tertarik dengan pemakaian "Gradually Executed". Apakah itu sebuah kiasan, atau dengan kata lain, siapa sih yang dieksekusi?

Reduced: Yaps, kami berempat sepakat untuk menggunakan titel album "Gradually Executed" karena menurut kami  itu sangat mewakili dari semua  materi yang kami buat. Silakan nanti bisa cek di cover artwork, di situ sudah kami gambarkan beberapa perempuan yang dieksekusi oleh segerombolan makhluk purba yang kejam dan biadab.

MM: Belum lama ini Reduced juga mengeluarkan single dari "Gradually Executed" yakni "Pleasure of Eating Rotting Bodies". Kenapa yang dipilih "Pleasure of Eating Rotting Bodies" sebagai lagu "pemanasan"?

Reduced: Hahaahaha mungkin "Pleasure of Eating Rotting Bodies" ini adalah trek yang kami favoritkan, dari komposisi musik yang sangat  busuk brutal dan part-part groove yang enak bikin goyang. Hahaha.

Artwork "Gradually Executed".
MM: Siapa yang membuat artwork untuk "Gradually Executed"? Ada filosofi apa di balik artwork tersebut?

Reduced: Untuk cover art  dikerjakan oleh sahabat kami Aghy R Purakusma. Untuk filosofi ada berbagai macam aspek peradaban modern dengan masyarakat yang kanibal. Tema besar di album ini adalah perbedaan antara masyarakat yang beradab dan tidak beradab, perkosaan dunia alami yang tidak wajar, eksploitasi primitif budaya kuno.

MM: Bisa disampaikan kepada Death Metallers sejagad, kenapa "Gradually Executed" adalah album yang wajib dibeli? Dan apa yang membedakan Reduced dengan band-band BDM lainnya?

Reduced: Wajib dan harus nongkrong di rak-rak kaset kalian, Hahahahahahah. Sebenarnya kita tidak ada bedanya dengan band BDM yang lain, hanya saja kami berusaha menyuguhkan karakter musik BDM di era 1990-an dengan sound yang primitif dan busuk.

MM: Bisa diceritakan sedikit bagaimana awalnya bisa gabung roster Dismembered Records?

Reduced: Awalnya kita mengunggah video latihan di fanpage. Setelah beberapa minggu kemudian kita dihubungi oleh pihak label, dan pihak label menawarkan untuk merilis demo saja pada waktu itu. Setelah demo rilis tidak disangka respons dari nasional sampai internasional sangat luar biasa hebat. Ada empat label internasional waktu itu yang ingin merilis album kita, tapi kita sudah pertimbangkan untuk memilih label lokal, dan label lokal pun menurut kami sudah sangat standar label-label internasional. Jadi, kenapa tidak untuk bergabung dengan label lokal dalamhal ini Dismembered Record.

MM: Selain mempersiapkan "Gradually Executed", Reduced sedang disibukkan dengan hal apa saja?

Reduced: Untuk saat ini kita masi sibuk latihan, bocil, ngopi, dan olahraga, hahahaha.

MM: Setelah nanti melepas "Gradually Executed", apa lagi kejutan dari Reduced? Apakah akan menggelar tur promosi?

Rreduced: Di tahap ini pasti semua band ingin tur atau promosi. Mungkin nanti kita akan mengadakan tur karena di tahap ini butuh persiapan yang benar-benar matang.

MM: Beralih ke topik lain. Kami harus angkat topi dengan underground scene Jatim yang sedang meroket. Menurut Reduced, apa yang membuat dunia bawah tanah Jatim tumbuh subur dalam beberapa tahun terakhir?

Reduced: Mungkin karena scene Jatim sendiri masih banyak beberapa orang yang komitmen dengan musik. Mereka tidak termakan olah tren. Itulah menurut kami yang menyebabkan scene Jatim sangat subur dan patut diperhitungkan.

MM: Sudah banyak band mapan di Jatim yang namanya sangat disegani di kancah IDDM. Menurut Reduced, adakah band lain yang underrated atau memiliki materi "ngeri" tapi kurang disorot?

Reduced: DIFFUSAL BLADE, GEROGOT, CRUELEST,DELIRIUM, CARNAGE, INVERTED, CORPSEFIED, DAGING, dan masih banyak lagi.

Gerogot
MM: Terima kasih atas waktunya, Reduced! Sampaikan salam hangat kami untuk teman-teman yang lainnya dan sukses untuk "Gradually Executed". Jika ada pesan yang ingin disampaikan, kami persilakan.

Reduced: Sama-sama, bro. Sukses selalu buat Metal March. Sedikit yang bisa kami sampaikan, jangan bunuh karakter musikmu karena hanya karena mengikuti tren. KEEP BRUTAL AND SICK! Salam kunam njepat rullless..!!!

Reduced


Comments