Embryo Genesis Mengorek "Dissecting of Abomination" dan Tur Jawa-Bali


Syifaul Fuadi (vokal), Dedik Purnawan (gitar), Alif Zulfikar Adi Rizky (drum).

METAL MARCH - Surabaya sekali lagi membuktikan diri sebagai salah satu scene bawah tanah terbesar di Indonesia. Klaim tersebut dipertajam dengan banyaknya band muda nan berbahaya yang bermunculan, salah satunya adalah Embryio Genesis. Album perdana Embryo Genesis yang bertajuk "Dissecting of Abomination" pun dirilis label sekelas Extreme Souls Production (ESP). Metal March berkesempatan berbicang-bincang dengan Dedik Purnawan sang gitaris.


MM: Kami mau mengucapkan selamat atas dirilisnya "Dissecting of Abomination" pada April lalu. Bagaimana kabarnya Embryo Genesis?

EB: Terima kasih, Alhamdulillah baik.

MM: Bisa diceritakan sejarah singkat Embryo Genesis dari mulai dari kapan terbentuk, personel, genre, dan seterusnya?

EB: Kita terbentuk di April 2014. Sebelumnya pada bulan Februari-nya kita bertiga sempat membicarakan untuk membentuk sebuah band. Baru pada April kita memulainya dengan konsep Brutality of Slam. Awalnya kita merilis Demo 2014 dan terus mengumpulkan materi untuk bertujuan memiliki album, lalu kita memberikan suguhan baru dengan konsep yang sedikit berbeda yaitu Brutal Groove Death Metal atau bisa dibilang Brutal Groove Machine. Dari awal sampai sekarang, kita terdiri dari tiga personel saja, Dedik Purnawan (gitar), Syifaul Fuadi (vokal), dan Alif Zulfikar Adi Rizky (drum).

Dedik Purnawan

MM: Kiprah Embryo Genesis terbilang lancar bin mulus. Dibentuk pada 2014 lalu menelurkan Demo CD, setahun kemudian langsung merilis "Dissecting of Abomination" via label besar yakni Extreme Souls Production (ESP). Apa hal ini sudah diprediksi sebelumnya? Atau malah sama sekali tidak menyangka?

EB: Kita sebelumnya sudah merencanakan soal merilis Demo 2014, tetapi setelah itu kita menyelelesaikan materi full album secara perlahan. Sampai akhirnya kita menyelesaikan materi full album dan pergi menuju studio rekaman untuk full album pertama kita. Untuk label ESP, sebelumnya kita tidak menyangka jika bisa bergabung dengan ESP, dan kita juga belum merencanakannya. Tetapi setelah mendapatkan tawaran untuk bergabung, kita memutuskan untuk ikut bergabung dengan label sholeh asal Bandung, Extreme Souls Production.

MM: Jujur, sejatinya kami tidak kaget Embryo Genesis bakal gabung ESP mengingat kami juga sempat mendengarkan Demo CD yang 'wow' itu. Pada dasarnya, apa yang membuat ESP tertarik dengan Embryo Genesis? Dan tolong diceritakan awal kerja sama dengan ESP.

EB: Setahu kami ESP tertarik dengan materi-materi dari kita, dan ESP pun ingin mengajak kita kerja sama untuk merilis album pertama. Pada awal kita diberi tawaran untuk bergabung alhamdulillah materi full album kita sudah beres. Akan tetapi, kita memilih untuk merekam full album, lalu memutuskan untuk bergabung. Pada awalnya, kita melaksanakan rekaman full album pertama kita, dan di situlah kita mulai resmi bergabung dengan label Extreme Souls Production.

MM: Bicara album, "Dissecting of Abomination" menceritakan tentang apa? Dari sisi musik, Embryo Genesis berkiblat ke band-band apa saja? Ada maksud apa di balik cover artwork "Dissecting of Abomination"?

EB: Tema kita di album pertama adalah gore, atau dengan kata lain memilih slaughter/pembantaian di album ini. Maksud dari cover artwork, itu adalah sebuah pembantaian keji yang berawal dari monster. Awalnya, janin yang ada dalam tubuh wanita di cover membesar dan berubah menjadi monster yang membantai wanita tersebut serta sekelilingnya seperti bangkai di samping cover. Ditusuk sampai bangkai lendir dan tulang di bawah cover. Kami sendiri memiliki beberapa influences seperti Visceral Disgorge, Cerebral Effusion, dan Vomit The Soul.

cover artwork "Dissecting of Abomination"


MM: Kami juga menyadari "Dissecting of Abomination" mendapat respons yang cukup positif sejak dirilis April. Bisa tolong jelaskan kira-kira apa yang membuat Death Metallers suka dengan Embryo Genesis?

EB: Yang membuat metalhead suka, karena kita menyuguhkan musik yang enjoy dengan groove. Sehingga para penikmat Death Metal menyukai kita dengan ciri khas musik yang kita buat.

MM: Aliran Brutal (terutama Slam) di Indonesia saat ini sudah semakin trendi karena banyaknya band-band baru yang bermunculan. Apa sih yang membuat Embryo Genesis terlihat beda dengan band-band lain?

EB: Yang membuat kita beda, kita memberikan konsep Brutal dengan part groove yang enjoy seperti yang kami katakan sebelumnya yaitu Brutal Groove Machine.

MM: Setelah "Dissecting of Abomination", Embryo Genesis sedang disibukkan dengan hal apa? Atau malah mulai menulis materi untuk album kedua?

EB: Ya, kita sedang mengumpulkan beberapa materi baru untuk merencanakan penggarapan album kedua, jika memang tidak ada hambatan. Dan kita saat ini juga sibuk dengan promo album pertama kita tentunya, serta kita mempersiapkan tur pada September bersama Descane.

MM: Di penghujung 2015, Embryo Genesis akan menggelar tur Jawa dan Bali bersama Descane. Bisa dijelaskan sedikit tentang ini? Harapannya apa dengan tur akan yang mulai digelar pada September itu?

EB: Harapan kita untuk tur pada Desember bersama Descane, kita bisa membanggakan Surabaya dan menjadikan kota ini menjadi barometer musik cadas seperti pada era tahun 1990-an. Scene bawah tanah di Surabaya saat ini bisa dibilang sangat berkembang pesat. Banyak band Death Metal baru yang berbahaya, di sisi lain juga banyak event yang mendukung band-band Death Metal berbahaya asal Surabaya untuk bisa lebih berkembang.



MM: Playlist di smartphone/Ipod Anda sedang diisi lagu-lagu dari siapa? Tolong sebutkan lima band favorit Anda (dalam dan luar negeri).

EB: Band yang kita sukai adalah band yang menjadi influence kami, seperti Disgorge (USA), Visceral Disgorge, Cerebral Effusion, Vomit The Soul, dan Pyaemia.

MM: Terima kasih atas waktunya mau di-interview oleh Metal March. Sukses untuk "Dissecting of Abomination" dan tur Jawa-Bali! Ada pesan-pesan yang mau disampaikan buat Death Metallers Indonesia?

EB: Pesan kita, tetap semangat dan sabar untuk mencapai hasil yang memuaskan. Jika kalian menyukai musik yang kalian sukai belilah CD yang original, stop download, setop pembajakan!!! #BrutalGrooveMachine \m/

Embryo Genesis


Comments